Minggu, 20 November 2011

Tugas-6

PSPB (Pertanyaannya Sedikit, Penjawabannya Berliku) !

  1. Jelaskan tentang definisi Software Komputer !
  2. Klasifikasikan dan jelaskan secara singkat namun jelas tentang Software Komputer yang disertai Nama Ekstensi Filenya ! Oleh karena itu agar tak bingun 7 keliling, segera Cari Panduan Gratis di Internet, LKS, Buku Komputer dan Sumber Lainnya yang penting halal tentang : Klasifikasi Software, Namanya, Fungsinya dan Nama Ekstensi Filenya. Misalnya Ms Word, maka Nama Kalsifikasinya sebagai Software Aplikasi, Nama Softwarenya "Microsoft Office Word", Fungsinya untuk membuat dokumen berbasis huruf-huruf/kata-kata. Setelah mengetik Dokumen di Ms Word, lalu menyimpannya (Save As) di Drive Yang Aman yakni minimal D: , dengan File Name : PSPB History 1 dan, maka Hasil Simpanan tersebut bilamana akan dibuka kembali di Windows Explorer akan muncul tanda PSPB History.doc. Berarti Ekstensi Filenya ".doc". Oleh sebab itu, agar menjadi jawaban yang mudah dipahami dan diterapkan, maka susunlah menjadi jawaban yang sistematis dengan Tata Urutan sebagai berikut : NomorNama Software
  3. Jelaskan definisi Ekstensi File ?
  4. Ekstensi File (File Extension) merupakan istilah berbasis Bahasa Inggris. Bilamana di-Indonesiakan , maka istilah yang lebih mudah dimengerti oleh Si User Komputer adalah ...... ?
  5. Sebutkan dan jelaskan manfaat mengidentifikasi (mengenali) Ekstensi File (Extension File) !
  6. Jelaskan apa yang terjadi kepada Si User Komputer, bilamana tidak ada Ekstensi Filenya !?
  7. Jelaskan apa yang terjadi bilamana Si User Komputer tidak mampu mengidentifikasi Ekstensi File dari Dokumen yang telah dibuatnya !?
  8. Sebutkan dan jelaskan hikmah apa yang Anda peroleh setelah mengerjakan Tugas tersebut di atas ! 

sumber   :  klik disini saja...


jawabann

1.  Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
referensi : agussale.com, dan beberapa sumber lainnya

2. a. Sistem Operasi (Operating System),

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

* Menyimpan program dan aksesnya
* Membagi tugas di dalam CPU
* Mengalokasikan tugas-tugas penting
* Merekam sumber-sumber data
* Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
* Memeriksa kesalahan sistem
* Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
* Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

b. Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata -MS. Word (doc)- , mengelola lembar kerja-MS. Excel (xls)-, program presentasi -MS. Power Point (ppt), pemutar musik -winamp (mp3, wav, mpg), dan lain-lain.

c. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

* Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

* Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

* Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

d. Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

* Norton Utility
* Winzip
* Norton Ghost
* Antivirus
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK (Software)
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu :
1. Perangkat lunak sistem
2. Perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang, baik pada system operasi berbasis text maupun pada system operasi berbasis Grafis (GUI). Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemproses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office atau Open Office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Dan contoh Open Office KWord (Pemroses kata), KSpreed(Pemroses table), KPresenter (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Media Player, XMMS, untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer, Power DVD, XINE yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing,e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft, dan Linux yang bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah (text), atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis (GUI).
Instalasi Software pada berbagai macam basis OS
Instalasi Software Ms-Office
Ms-Offiice merupakan paket software yang dibuat oleh Microsoft, yang termasuk dalam paket software ini antara lain : Ms-Word (Word Processing), Ms-Excel (Spreed Sheet), Ms-Power Point (Presentasi), Ms-Access (Database).
Pertama yang perlu dipahami adalah bahwa software ini hanya dapat diinstalasi dan berjalan pada system operasi Microsoft Windows.
Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :
1. Siapkan Paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai seperti HD, CD, FDD, DVD atau media lain.
2. Jalankan system operasi Windows dan pastikan bahwa system operasi tersebut telah berjalan dengan baik.
3. Pastikan bahwa ruang (spaces) HD masih mencukupi.
4. Apabila paket software tersedia dalam media CD, maka masukkan CD installer tersebut kedalam CD-Room.
5. Ikuti proses instalasi sesuai dengan Petunjuk instalasi (Instalation user manual).
Instalasi Open Office
Open Office merupakan paket software freeware (open source), software ini berjalan pada sistem operasi Linux. Adapun yang termasuk dalam paket software ini antara lain : K-Word (Word processing), KSpreed (Spread Sheet), KPresenter (Presentasi).
Langkah-langkah instalasi paket software ini adalah :
   1. Masuk ke modus Yast
   2. Masuk menu instalasi software
   3. Pilih dan tandai software yang akan diinstalasi.
   4. dan Lanjutkan sesuai dengan petunjuk/langkah-langkah, dalam instalationu user manual.
  • Sistem Operasi ( Operating System Atau OS )
  • adalah kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan prosesing dalam sistem komputer. Tanpa OS sistem komputer tidak berjalan
  • Berdasarkan Fungsinya OS terdiri dari 2 bagian, yaitu : A. Control Program adalah Manajemen berupa pengendalian terhadap data masukan atau keluaran . B. Processing Program adalah Manajemen yang mencangkupi penyiapan penjadwalan pemantauan proses pada komputer.
Jenis - Jenis OS, adalah sebagai berikut :
  • DOS ( Disk Operating System )
  • OS Atau 2 ( Operating System 2 )
  • Machintosh
  • Unix, Xenia, Aix
  • MS Windows
  • Linux
Bahasa Pemprograman ( Programming Language Atau PL )

Program yaitu kumpulan dari beberapa instruksi.
Syntax adalah kumpulan atau aturan dalam suatu bahasa, apabila program komputert yang mengandung syntax yang keliru atau biasa disebut juga dengan kesalahan syntax (syntax errors), sehingga tidak dapat berjalan dengan lancar.

Program System
Digunakan untuk mengontrol sumber data komputer program aplikasi dengan perangkat keras komputer.

Klasifikasi Bahasa Pemrograman, adalah sebagai berikut :

A. Generasi Pertama
Generasi yang berorientasi pada mesin.

B. Generasi Kedua
Generasi yang menggunakan bahasa rakitan ( assembly ).

C. Generasi Ketiga
Generasi yang m,enggunakan pendekatan prosedural.
Contohnya : Algol, C, Basic, Cobol, Fortran, dan Pascal.

D. Generasi Keempat
Generasi yang dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program.
Contohnya : Seorang pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.

E. Generasi Kelima
Generasi yang merupakan kelompok bahasa - bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan ( Artical Intelligence )

Berbagai aplikasi kecerdasan manusia, adalah sebagai berikut :
  • Pemrosesan bahasa alami ( Natural Language Processing )
  • Pengendalian robotika dengan sensor mata
  • Aplikasi sistem Pakar ( Expert System )
Secara garis besar, bahasa pemrograman terbagi atas 3 tingkatan, yaitu :
  1. Bahasa Tingkat Rendah ( Low Level Language )
  2. Bahasa Tingkat Menengah ( Middle Level Language )
  3. Bahasa Tingkat Tinggi ( High Level Language ) Terbagi menjadi 2 yaitu : A. Berorientasi pada prosedur ( Procedur Oriented Language ) , Terbagi menjadi menjadi 2 yaitu : - Masalah Ilmiah ( Sciences ), Contoh : PASCAL, FORTRAN, DLL - Masalah Bisnis ( Business ) , Contoh : COBOL, PL1, DLL B. Berorientasi pada masalah ( Problem Orientad Language ) , Contoh : RPG
Utilitas

Yaitu Progeram yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.
Contoh : Format Disk, SanDisk, Disk Defragmenter.

Device Driver

Yaitu Program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti - peranti peripheral dan biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi Perangkat Keras.

Translator
Dapat digunakan untuk mengubah program dengan bahasa manusia ( Source Code ) ke kode objek ( Object Code )
Dapat terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Interpreter
2. Compiler
Adalah Program penterjemahan yang mengkonversi semua kode sumber menjadi Executabile proses ini disebut dengan Compilation Program.

Pengelompokan Perangkat Lunak.

Berdasarkan menurut fungsinya Perangkat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu :
1. Perangkat Lunak Aplikasi, dibagi menjadi 5 yaitu :
A. Sistem Operasi adalah Perangkat Lunak yang mengoperasikan komputer, menyediakan antar muka dengan peraqngkat lunak lainnya.
B. Program Utilitas adalah Program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer.
C. Program Aplikasi adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.
Contoh : Program Aplikasi.
D. Program Paket adalah Program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum.
Contoh : Pengolah Kata.
E. Bahasa Pemrograman adalah Perangkat Lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain.

2. Perangkat Lunak Sistem

Berdasarkan Cara mendapatkan Peraqngkat Lunak dan hak pemakaian dapat digolongkan menjadi 7 yaitu :
1. Perangkat Lunak Komersial
2. Perangkat Lunak Domain Publik
3. Shareware adalah Peranti Lunak yang bersifat evaluasi, pengguna yang menggunakan produk software ini tidak memiliki masa kadaluarsa, bersifat gratis.
4. Freeware adalah Peranti Lunak yang bersifat gratis, dan dapat digunakan oleh siapapun tanpa evaluasi, licensi tetap berada pada pengembangan.
5. Rentalware
6. Free Software
7. Open Software

Antar Muka Pemakai

Yaitu Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer, yang dapat berupa :
  • Menggunakan antar muka Command - Driven
  • Menggunakan antar muka yang disebut GUI
Perangkat Lunak

Perangkat Lunak Aplikasi dapat digolongkan menjadi 5 yaitu :
1. Perangkat Lunak Hiburan
2. Perangkat Lunak Pendidikan
3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
4. Perangkat Lunak Bisnis
5. Perangkat Lunak Khusus.

Software Suite

Yaitu Kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu.
Contoh : Microsoft Office, Lotus Smart Suite, Star Office


3. Jelaskan definisi Ekstensi File ?

Ekstensi file adalah penanda jenis dari suatu file. Ekstensi file terdapat pada tiga huruf terakhir sesudah titik. Ekstensi file berfungsi untuk mengetahui atau membedakan jenis file. Untuk mengetahui ekstensi file bisa dengan membuka windows explorer pada windows, setelah itu pilih menu View dan pilih Folder Option. Pada jendela folder option pilih tab Files Types untuk melihat ekstensi pada computer you2 punya, dan untuk menampilkan ekstensi setiap file di windows explorer maka pilih tab View setelah itu pada pilihan Hide extensions for known file types di unceklis (dihilangkan tanda ceklisnya).

JENIS-JENIS EKSTENSI FILE DAN KEGUNAANNYA

Ekstensi file berfungsi untuk mengetahui atau membedakan jenis suatu file.
Ekstensi file biasanya terdiri dari 3 huruf tetapi juga terdapat extension yang hanya terdiri dari 2 ataupun 4 huruf.
Ekstensi file terletak pada tiga huruf terakhir sesudah titik.
Untuk mengetahui/menampilkan extension dari suatu file caranya adalah sebagai berikut (Untuk Windows XP) :
1. Buka Windows Explorer anda
2. Pilih Tools -> Folder Options
3. Masuk ke Tab View
4. Hilangkan centang yang ada pada “Hide extensions for known file types”
5. Apply -> OK
Berikut adalah beberapa ekstensi suatu file yang sering kita temui beserta penjelasan :

EXE = File aplikasi (executable)
Hanya bisa dibuka di sistem operasi windows

DOC = File Dokumen
Dapat dibuka dengan MS Word

GIF = File Gambar/Animasi
Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, ACDSee, Ulead Gif Animator dan lain2.

JPG/JPEG/BMP = File Gambar
Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, ACDSee dan lain2

ICO = File untuk Icon Gambar
Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar icon.

PSD = File Image, File Photoshop
Dapat dibuka dengan aplikasi Adobe PhotoShop.

MP3 = File Audio
Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya.

WAV = File Audio
Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya.

MPG/MPEG = File Video
Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti Windows Media Player atau yang lainnya.

AVI = File Video (Biasanya digunakan untuk format DVD)
Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti CyberLink PowerDVD atau yang lainnya.

FLV = File Flash Video
Dapat dibuka dengan aplikasi video flash seperti Total Video Player, FLV Player atau yang lainnya.

PDF = File Dokumen dari Adobe
Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader.

TXT = File Teks
Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya.

LOG = File Log
Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya.

ASM = Source Code Pemrograman Assembly
Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya

RAR/ZIP = File Kompresi
Dapat dibuka dengan aplikasi seperti WinZip atau WinRar.

REG = File Registry
Dapat dibuka dengan aplikasi Regedit atau Notepad juga bisa.

HTM/HTML/SHTML = File Internet Document
Dapat dibuka dengan Netscape Navigator, MS Internet Explorer, Mozilla Firefox atau yang lainnya.

TTF = File Font
Dapat dibuka dengan aplikasi Font Viewer.

CDR = File Corel Draw
Dapat dibuka dengan Corel Draw.

BAT = File Batch
Sebuah file text yang berisi beberapa perintah yang secara segaja untuk di eksekusi oleh command prompt.
Dapat dibuka dengan aplikasi Notepad.
Mengenal ekstensi file
Saat Anda mengklik kanan pad file dan memilih Properties, pada bagian MS-DOS name pasti ada tulisan tiga huruf sesudah titik. Itulah yang dinamakan ekstensi file. Fungsinya adalah untuk mengetahui atau membedakan jenis file. Nah, yang kami tuliskan di sini adalah beberapa jenis file yang paling umum. Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View - Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang. Di antara beberapa ekstensi file itu adalah sebagai
Ekstensi
Jenis
Aplikasi yang digunakan
asm Source code pemrograman Assembly Sembarang teks editor, seperti MS Word, NotePad, Wordpad
bat Teks MS Word, Notepad, WordPad, Edit (pd DOS prompt)
bmp image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, dll
cdr   Corel Draw
doc Docoument MS Word MS Word
exe Aplikasi Merupakan file aplikasi
fon File font Font Viewer
htm, html, shtml Internet Document Netscape Navigator, MS Internet Explorer, NeoPlanet
gif Image, animasi Sembarang image editor. Sedangkan untuk membuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator, Gif Construction Set, dll.
ico File icon Microangelo
jpg/jpeg Image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint.
log File log Sembarang teks editor
mp3 Audio WinAmp
pas Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi Sembarang teks editor
pdf   Adobe Acrobat Reader
psd Image Adobe PhotoShop
reg File registry Regedit, untuk mengedit gunakan sembarang teks editor
ttf File font Font Viewer
txt Teks Sembarang teks editor
zip File kompresi WinZip, WinRar


  1. Ekstensi File (File Extension) merupakan istilah berbasis Bahasa Inggris. Bilamana di-Indonesiakan , maka istilah yang lebih mudah dimengerti oleh Si User Komputer adalah ...... ?
 Penanda File Biasaya terdiri dari 3 huruf, meski juga terdapat ekstensi yang hanya terdiri dari 2 ataupun 4 huruf. 
 
5. Sebutkan dan jelaskan manfaat mengidentifikasi (mengenali) Ekstensi File (Extension File) !
    Ekstensi file berfungsi untuk mengetahui atau membedakan jenis file.

    6. Jelaskan apa yang terjadi kepada Si User Komputer, bilamana tidak ada Ekstensi Filenya !?
    Maka widows akan susah untuk mengidentifikasi dan tidak bisa dibuka.
    Tidak dapat mengetahui atau membedakan jenis file.

    7. Jelaskan apa yang terjadi bilamana Si User Komputer tidak mampu mengidentifikasi Ekstensi File dari Dokumen yang telah dibuatnya !?

    Maka akan bingung ketika akan membukanya, sesuai dengan software apakah filenya tersebut.

    8. Sebutkan dan jelaskan hikmah apa yang Anda peroleh setelah mengerjakan Tugas tersebut di atas ! 


    KIta bisa mengidentifikasi file kita dengan adanya ekstensi file sehingga mudah untuk di buka dan susah untuk virus memasuki komputer kita.
    sumber:
    http://devinzcute.blogspot.com


    dapat mengetahui lebih banyak tentang ekstensi file bersama tekek bengeknya. Sehingga dapat memudahkan ich dalam berkomputer ria.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar